HVLS FANS

Kipas Andin HVLS atau biasa di sebut Industrial Fans merupakan Kipas yang dapat menghasilkan udara bervolume tinggi dengan kecepatan rendah. nama HVLS adalah singkatan dari High Volume Low Speed. Dibandingkan dengan kipas lainnya, HVLS Fans memiliki kecepatan putar per menit yang sangat rendah. Namun, karena ukurannya yang besar dapat memberikan volume udara yang tinggi dengan kecepatan rendah.

Diameter dari satu ekor ke ekor lainnya dapat bervariasi dari 2,8 m (8 kaki) hingga 7,3 m (24 kaki). Desain aerodinamis untuk bilahnya juga merupakan salah satu keunggulan yang luar biasa. Tidak seperti kipas biasa, Kontraktor HVAC semua kipas besar memiliki 5-6 bilah dan desain airfoil yang dipatenkan untuk kekuatan dan fleksibilitas yang lebih baik.

Pergerakan udara dapat memiliki pengaruh yang signifikan pada kenyamanan termal manusia. Angin dingin dalam kondisi dingin dianggap merugikan, tetapi pergerakan udara di lingkungan netral hingga hangat dianggap menguntungkan. Hal ini karena biasanya dalam kondisi dengan suhu udara di atas sekitar 74 °F (23,3°C), tubuh perlu kehilangan panas untuk mempertahankan suhu internal yang konstan.

Tidak seperti AC, yang mendinginkan ruangan, kipas angin mendinginkan orang. Kipas plafon meningkatkan kecepatan udara pada tingkat penghuni, yang memfasilitasi penolakan panas yang lebih efisien, mendinginkan penghuni, bukan ruang.Kecepatan udara yang meningkat meningkatkan laju kehilangan panas konvektif dan evaporatif dari tubuh, sehingga membuat penghuni merasa lebih sejuk tanpa mengubah suhu bola kering udara.

Udara panas kurang padat daripada udara dingin, yang menyebabkan udara panas secara alami naik ke tingkat plafon melalui proses yang disebut konveksi. Di udara yang tenang, lapisan-lapisan suhu konstan terbentuk, yang terdingin di bagian bawah dan yang terhangat di bagian atas. Ini disebut stratifikasi. Cara paling efisien dan efektif untuk mencampurkan udara dalam ruang bertingkat adalah dengan mendorong udara panas ke tingkat penghuni. Hal ini memungkinkan pencampuran udara yang sempurna di dalam ruang sekaligus mengurangi kehilangan panas melalui dinding dan atap bangunan, dan konsumsi energi bangunan. Untuk menghindari terjadinya aliran udara, kipas angin harus dijalankan secara perlahan-lahan sehingga kecepatan udara pada tingkat penghuni tidak melebihi 40 kaki per menit (12 m/menit).